(buku.kemdikbud.go.id) |
Kunci Jawaban Halaman 138
Lakukanlah kegiatan wawancara kepada para warga di sekolahmu: baik itu kepala sekolah/madrasah, siswa, guru, atau penjaga sekolah. Kemudian tanyakanlah kepada mereka tentang pertanyaan mengenai beberapa informasi sebagai berikut.
- Kegiatan ekonomi yang ada di dalam keluarga (misal : dalam dunia pertanian, perdagangan, peternakan, industri, ataupun jasa)
- Kemudian kegiatan sehari-hari yang juga menggunakan air, baik itu untuk keperluan rumah tangga maupun untuk kegiatan ekonomi
- Perkiraan banyak air yang juga digunakan untuk setiap dari kegiatan
- Sumber air yang digunakan (PDAM, sumur, atau juga sumber-sumber lainnya)
- Kemudian catatlah hasil dari wawancaramu di dalam tabel seperti contoh di bawah ini.
Nama : .........
Kegiatan ekonomi dalam keluarga : ...........
(jawabantematik.blogspot.com) |
Kunci Jawaban Halaman 139
Mempertanyakan serta menganalisa
Dari tabel hasil wawancara tersebut, kemudian identifikasilah 10 kegiatan yang ternyata terbanyak menggunakan manfaat air. Kemudian tuliskanlah dalam tabel berikut. Kamu dapat menyajikannya juga di dalam bentuk diagram
(jawabantematik.blogspot.com) |
(jawabantematik.blogspot.com) |
Dari data-data yang telah kamu dapatkan dan kumpulkan, diskusikanlah jawaban atas pertanyaan berikut ini:
1. Kegiatan apa sajakah yang membutuhkan banyak volume air?
Jawaban :
Perikanan
2. Mengapa kegiatan tersebut memerlukan banyak air?
Jawaban :
Karena air adalah tempat hidup dari ikan, sehingga manusia dalam membudidayakannya membutuhkan volume air yang lumayan banyak
3. Apakah fungsi dari air dalam kegiatan tersebut?
Jawaban :
Berfungsi sebagai tempat hidup dari ikan tersebut
4. Apakah fungsi dari kegiatan tersebut?
Jawaban :
Fungsi dari kegiatan tersebut (perikanan) adalah untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia, dalam hal ini kebutuhan lauk pauk (konsumsi)